Assalamu’alaikum Wr. Wb.
“Pengelolaan Sistem Bisnis secara Elektronik” merupakan materi selanjutnya yang
akan saya coba untuk berikan pemaparannya. Didalamnya nanti akan dijelaskan
bagaimana kita harus merencanakan dan memanage beberapa komponen yang ada dalam
bisnis elektronik (E-business). Berikut sedikit penjelasannya:
A.
Arsitektur Aplikasi E-Business
Gambar diatas memberikan
suatu ikhtisar yang baik tentang saling berhubungan, saling ketergantungan, dan
pengintegrasian aplikasi e-business yang merupakan komponen penting dalam
keberhasilan operasi dan manajemen dari suatu perusahaan e-business. Menggambarkan
komponen aplikasi, hubungan timbal balik, dan hubungan dengan pelanggan,
karyawan, mitra bisnis, dan stakeholders lain dari suatu perusahaan e-business.
B. Sistem Terintegrasi Lintas Fungsi
Perangkat lunak Pengintegrasian Aplikasi Perusahaan atau Enterprise
Application Integration (EAI) adalah suatu aplikasi e-bisnis lintas fungsi yang
mengintegrasikan aplikasi front-office seperti manajemen hubungan pelanggan
dengan aplikasi back-office seperti manajemen sumber daya perusahaan.
EAI memungkinkan para pemakai untuk membuat model proses bisnis
serta hubungan dan interaksi yang terjadi antar aplikasi bisnis.EAI juga
menyediakan perantara “middleware” yang melaksanakan konversi data dan
koordinasi, komunikasi antar aplikasi dan jasa penyampaian pesan (messaging),
serta kemampuan akses kepada alat penghubung aplikasi yang terlibat.
Perangkat lunak EAI dapat mengintegrasikan berbagai kumpulan
aplikasi perusahaan dengan membiarkan mereka saling menukar data menurut
ketentuan yang diperoleh dari model proses bisnis yang dikembangkan oleh para
pemakai.
C.
Manajemen Hubungan Pelanggan
Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer
Relationship Management (CRM) adalah Suatu aplikasi e-business lintas fungsi
yang mengintegrasikan dan mengotomatisasikan berbagai proses pelayanan terhadap
pelanggan dalam kegiatan penjualan, pemasaran langsung, memproses order/pesanan
dan pembukaan rekening/account, dan dukungan layanan pelanggan.
Sistem CRM juga menciptakan suatu kerangka IT
yang mengin-tegrasikan semua proses ini dengan kegiatan operasi bisnis lainnya
dalam suatu perusahaan. Sistem CRM terdiri dari suatu modul perangkat lunak
untuk men-dukung pelaksanaan aktivitas bisnis yang ada dalam proses layanan
perkantoran (front-office). Perangkat Lunak CRM menyediakan peralatan yang
memungkin-kan suatu perusahaan dan karyawannya untuk memberikan layan-an yang
cepat, menyenangkan, ketergantungan, dan konsisten ke pelanggannya.
Keuntungan
Bisnis CRM banyak sekali. misalnya :
1.
Mengizinkan suatu bisnis untuk mengidentifikasi
dan mentargetkan pelanggan terbaiknya; yaitu mereka yang paling menguntungkan
kepada bisnis, sehingga mereka dapat dipertahankan sebagai pelanggan dalam
jangka panjang untuk jasa yang lebih besar dan menguntungkan.
2.
Memungkinkan Kustomisasi dan personalisasi
produk dan jasa secara real-time berdasarkan pada kebutuhan, keinginan
pelanggan, kebiasaan membeli, dan gaya hidupnya.
3.
Dapat digunakan untuk menelusuri kapan
pelanggan menghubungi perusahaan, dengan mengabaikan titik-kontak tersebut.
4.
Memungkinkan perusahaan untuk menyediakan
pelayanan kepada pelanggan secara konsisten dan jasa atau layanan yang superior
dan memberikan dukungan kepada pelanggan untuk dapat memilih titik-kontak yang
diinginkannya.
D.
Manajemen Rantai Penyalur/persediaan
Manajemen Rantai Penyalur atau Supply Chain
Management (SCM) adalah Pengintegrasian
Praktek Manajemen dan Teknologi Informasi untuk mengopti-malkan informasi dan
aliran produk antara proses dan mitra bisnis di dalam suatu rantai persediaan.
SCM
adalah suatu puncak sasaran strategis untuk kebanyakan perusahaan. Itu adalah suatu
kebutuhan mutlak jika mereka ingin memenuhi kebutuhan dari pelanggan e-commerce
mereka : apa yang dinginkan pelanggan ingin, Kapan dan dimana keinginan itu, dengan
biaya serendah mungkin.
Diperlukan hubungan timbal balik dengan bisnis lain untuk membuat dan menjual
suatu produk dalam suatu jaringan hubungan bisnis yang disebut rantai
penyalur/persediaan .
Sistem
e-bisnis lintas fungsi seperti rekayasa ulang manajemen rantai
penyalur/persediaan dan mengefektifkan proses rantai persediaan tradisional. Permintaan
akan e-commerce mendorong pabrikan untuk menggunakan intranets, extranets, dan
pintu gerbang (portal) Web mereka untuk membantu rekayasa kembali hubungan
mereka dengan para penyalur, distributor, dan pengecer. Sasarannya adalah untuk
dengan mantap mengurangi biaya-biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan
siklus waktu rantai persediaan. Perangkat lunak SCM dapat juga membantu
meningkatkan koordinasi antar perusahaan yang menjadi pelaku rantai persediaan
. Hasilnya pendistribusian dan jaringan distribusi antar mitra bisnis jauh
lebih efektif . Semua sasaran manajemen rantai penyalur/persediaan diarahkan
pencapaian keberhasilan dan kemampuan bereaksi untuk menemui permintaan suatu
perusahaan pelanggan dan kebutuhan dari mitra bisnis mereka.
E.
Perencanaan Sumber daya Perusahaan
Perencanaan sumber daya Perusahaan atau Enterprise Resource
Planning (ERP) adalah suatu sistem perusahaan yang bersifat lintas fungsional
dan bertindak mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang
harus terpenuhi di dalam suatu perusahaan seperti kegiatan pabrikasi, logistik,
distribusi, akuntansi, keuangan, dan fungsi sumber daya manusia.
Perangkat lunak ERP sendiri adalah suatu kelompok modul perangkat
lunak yang mendukung aktivitas bisnis yang terlibat dalam proses/kegiatan
perkantoran (back-office) yang penting. ERP dikenal sebagai suatu hal
yang diperlukan untuk efisiensi, ketangkasan/kematangan, dan kemampuan bereaksi
secara cepat kepada pelanggan dan penyalur, yang pada umumnya dibutuhkan oleh suatu
perusahaan e-business agar berhasil dalam dunia e-commerce yang dinamis.
Perusahaan
menemukan bahwa manfaat/nilai bisnis utama dari menerapkan perangkat lunak ERP
adalah :
1. ERP menciptakan suatu kerangka untuk
mengintegrasikan dan meningkatkan sistem perkantoran (back-office )mereka yang
mengakibatkan peningkatan yang berarti dalam layanan pelanggan, produksi, dan
efisiensi distribusi.
2.
ERP menyediakan proses bisnis lintas
fungsi dan arus informasi yang penting tentang penyalur dan pelanggan yang didukung
oleh sistem ERP.
Manfaat dari
Perencanaan sumber daya Perusahaan adalah:
1. Kualitas dan efesiensi. ERP
menciptakan kerangka untuk mengintegrasikan dan meningkatkan proses bisnis
internal perusahaan yang menghasilkan peningkatan signifikan dalam kualitas
serta efesiensi layanan pelanggan,produksi,dan distribusi
2. Penurunan biaya. Banyak perusahaan
melaporkan penurunan signifikan dalam biaya pemrosesan transaksi dan
hardware,software serta karyawan pendukung TI, jika dibandingkan dengan sistem
warisan yang tidak terintegrasi yang digantikan oleh sistem ERP baru mereka.
3.
Pendukung keputusan. ERP menyediakan
informasi mengenai kinerja bisnis lintas fungsi yang sangat penting secara
cepat untuk para manajer agar dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka
dalam mengambil keputusan secara tepat waktu dilintas keseleruhan perusahaan.
4. Kelincahan Perusahaan.
Mengimplementasikan sistem ERP meruntuhkan banyak dinding departemen dan fungsi
berbagai proses bisnis , sistem informasi, dan sumber daya informasi. Hal ini
menghasilkan struktur organisasi, tanggung jawab manajerial,dan peran kerja
yang lebih fleksibel,dan karenanya menghasilkan organisasi serta tenaga kerja
yang lebih lincah dan adaptif yang dapat dengan lebih mudah memanfaatkan
berbagai peluang baru bisnis
F.
Peralatan Kerjasama Perusahaan
Sistem Kerja sama/kolaborasi Perusahaan atau Enterprise
Collaboration Systems (ECS) adalah Penggunaan peralatan kelompok , Internet,
intranets, extranets, dan jaringan komputer lainnya untuk mendukung dan
meningkatkan komunikasi, koordinasi, kerja sama/kolaborasi, dan berbagi sumber
daya antar regu dan kelom-pok kerja dalam suatu jaringan kerja perusahaan .
Peralatan Komunikasi elektronik adalah Perangkat lunak yang
membantu berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain secara elektronis
mengirim pesan, dokumen, dan file dalam bentuk data, teks, suara, atau
multimedia melalui Internet, intranets, extranets, dan jaringan komputer.
Peralatan Konperensi Elektronik adalah Perangkat lunak yang
membantu pemakai jaringan kerja komputer berbagi informasi dan bekerja bersama,
dimanapun mereka berada. Perangkat lunak Kolaboratif membantu masyarakat memenuhi
atau mengatur aktivitas kerja bersama.
G.
Sistem Informasi Bisnis Fungsional
H.
Sistem Informasi Pemasaran
Pemasaran mempunyai kaitan dengan perencanaan, promosi, dan
penjualan produk yang ada didalam pasar dan pengembangan produk baru serta
pengembangan pasar baru untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi
pelanggan yang ada serta (calon) pelanggan potensial. Sistem informasi
Pemasaran membantu pemasar dalam memenuhi kebutuhan informasi pada area berikut
ini :
1. Manajemen Penjualan. Disini Sistem
Informasi membantu perencanaan, monitor, dan mendukung kinerja tenaga penjual
dan penjualan produk / jasa.
2. Otomasi Tenaga Penjualan. Disini
Sistem Informasi mengotomatiskan perekaman dan pelaporan aktivitas penjualan
tenaga penjualan dan komunikasi serta dukungan penjualan oleh manajer
penjualan.
3. Manajemen Produk. Di sini Sistem
Informasi membantu perencanaan, monitor, dan mendukung kinerja produk, lini
produk, dan merek.
4.
Iklan dan Promosi. Disini Sistim
Informasi membantu dalam pemilih-an media dan metoda promosi serta
mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan iklan dan promosi.
5.
Peramalan Penjualan. Suatu Sistem
Informasi dapat dengan cepat menghasilkan ramalan penjualan jangka pendek dan
jangka panjang.
6.
Riset Pemasaran. Peralatan dari
suatu Sistem Informasi dapat mem-bantu peneliti dalam mengumpulkan dan meneliti
data internal dan eksternal atas variabel pasar, kecenderungan dan
pengembangannya.
7.
Manajemen Pemasaran. Sistim
informasi dapat membantu Manager Pemasaran mengembangkan rencana dan strategi
pemasaran berdasarkan pada sasaran perusahaan dan riset pemasaran serta data
aktivitas penjualan, serta memonitor dan mendukung keseluruhan aktivitas
pemasaran
I.
Sasaran Pemasaran
Pasar sasaran menjadi suatu peralatan yang penting dalam
mengem-bangkan strategi promosi dan periklanan pada ‘websites’ suatu perusahaan
perdagangan secara elektronik. Pasar sasaran adalah suatu konsep manajemen
promosi dan periklanan meliputi lima komponen sasaran.
1.
Kelompok Masyarakat : Perusahaan
dapat membentuk suatu Web tersendiri sebagai suatu sarana promosi dan
penyampaian iklan untuk sekelompok orang dalam masyarakat tertentu.
2.
Isi. Iklan seperti billboards
elektronik atau spanduk dapat ditempatkan pada berbagai halaman ‘website’,
sebagai tambahan terhadap suatu ‘homepage’ perusahaan .
3.
Konteks. Iklan nampak hanya dalam
Halaman web yang berkait dengan isi dari suatu produk atau jasa.
4.
Demographic/Psychographic. Usaha
Pemasaran diarahkan hanya pada kelas atau jenis tertentu saja.
5.
Perilaku Online. Usaha Promosi dan periklanan
dapat dikhususkan untuk masing-masing kunjungan pada suatu lokasi oleh
perorangan.
J.
Manajemen Sumber Daya manusia
Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia atau Human Resource Management
(HRM) adalah untuk mencakup Perekrutan , Penempatan, Evaluasi,
Kompensasi/Penggajian, dan Pengembangan Karyawan. Sasaran dari HRM adalah
penggunaan sumber daya manusia yang efisien dan yang efektif dalam suatu
perusahaan. Sistim Informasi Sumber Daya Manusia dirancang untuk mendukung:
1.
Perencanaan untuk memenuhi kebutuhan
personil dalam bisnis
2.
Pengembangan karyawan mencapai
potensi maksimal mereka
3.
Mengendalikan semua kebijakan dan
program kepegawaian.
Pada awalnya ,
Sistem Informasi berbasis-komputer digunakan untuk :
1.
Membuat cek gaji dan laporan,
2.
Memelihara arsip personil dan
3.
Meneliti penggunaan personil dalam
operasi bisnis.
Banyak
perusahaan mengembangkan HRIS untuk mendukung:
1.
Perekrutan, Pemilihan, dan
Penggunaan.
2.
Penempatan Pegawai
3.
Penilaian Prestasi
4.
Analisa Kesejahteraan karyawan
5.
Pelatihan Dan Pengembangan
6.
Kesehatan, Keselamatan, dan
Keamanan.
K.
Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi adalah sistim informasi yang paling tua
dan paling banyak digunakan dalam bisnis. Sistem ini merekam dan melaporkan
transaksi bisnis dan kejadian ekonomis lainnya. Sistem akuntansi operasional
menekankan pada keabsahan dan pencatatan data secara historis serta pembuatan
laporan keuangan. Sistem Akuntansi Manajemen memusatkan pada perencanaan dan
pengendalian operasi bisnis. Enam tujuan sistem akuntansi yang umum meliputi:
1.
Pengolahan Order/pesanan.
2.
Pengendalian Persediaan.
3.
Piutang Dagang.
4.
Hutang Dagang.
5.
Penggajian.
6.
Buku Besar.
L.
Sistem Informasi Keuangan
Sistem Informasi Keuangan mendukung para manajer keuangan dalam
pembuatan keputusan mengenai pembiayaan bisnis dan alokasi serta pengendalian
sumber daya keuangan. Area utama Sistem Informasi Keuangan meliputi:
1.
Manajemen Uang Tunai dan Surat
berharga.
2.
Anggaran Belanja Modal..
3.
Peramalan Keuangan.
4.
Perencanaan Keuangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar